Kita semua pernah seperti itu. Anda jogging pagi hari tapi anda terlihat seperti sedang berenang di dalam kolam. Sementara itu tetanggamu barlari, tapi sama sekali tidak berkeringat. Atau anda sedang memaparkan proposal anda kepada klien besar anda. Anda merasa keringat mengucur dari pakaian anda ketika teman anda duduk disana, sedingin mentimu. Itu membuat frustasi, tidaknyaman dan memalukan. Lalu anda bertanya, Kenapa saya berkeringat sangat banyak?!

EVOLUSI ALASAN MANUSIA BERKERINGAT

Sebelum anda memahami anda berkeringat sangat banyak. Mari pertama-tama kita kupas kenapa kita berkeringat.me

Berkeringat sangat penting, proses biologi mendinginkan suhu tubuh anda, keuntungan yang membedakan manusia binatang lainnya. Tidak seperti kebannyakan hewan, manusia didesain untuk mengurangi panas, menyimpan panas. Kita mendinginkan tubuh lewat berkeringat daripada terengah-engah, mengijinkan kita untuk tetap dingin di kecepatan dan jarak akan membuat terlal panas binatang lain.

Manusia awal mengembangkan lebih banyak kelenjar keringat untuk berlalu jarak jauh di tempat terbuka dan bertahan hidup di matahari khatulistiwa, yang mengijinkan otak mereka untuk bekembang. Jadi sungguh, kita sangat berhutang pada kepada kemampuan evolusi keringat kita sangat banyak.

KENAPA SAYA BERKERINGAT SANGAT BANYAK?

Tubuh anda mengandung 2-4 juta kelenjar keringat – konsentrasi utama terdapat pada kaki, telapak tangan, dahi, leher, dan ketiak. Saraf mengaktifkan kelenjar keringat Anda sebagai respons terhadap rangsangan seperti hormon, emosi, olahraga, dan suhu tubuh. (Oleh karena itu, perasaan memerah yang Anda rasakan saat gugup atau marah.)

Ketika keringat datang, semua orang berbeda. Ada beberapa faktor yang memengaruhi kapan dan berapa banyak Anda berkeringat. Berikut beberapa alasan Anda berkeringat lebih dari yang lain:

  • Kesehatan Fisik. Semakin Anda sehat, semakin banyak Anda berkeringat. Atlet atas berkeringat lebih cepat saat latihan daripada orang yang tidak aktif. Keringat mendinginkan tubuh dan memungkinkan Anda untuk berlatih untuk waktu yang lebih lama.
  • Kelamin. Meskipun wanita memiliki lebh banyak kelenjar keringat, pria memproduksi lebih banyak keringat.
  • Postur Tubuh. Seseorang dengan postur tubuh tinggi berkeringat lebih banyak daripada seseorang dengan berat badan normal.
  • Asupan alkohol. Merasa panas setelah minum satu atau dua koktail? Minum alkohol melebarkan pembuluh darah Anda, yang dapat memicu keringat.
  • Cuaca panas. Meskipun ini adalah salah satu yang jelas, panas, lingkungan yang lembab meningkatkan suhu tubuh Anda, mengaktifkan kelenjar Anda lebih banyak berkeringat.

BERAPA BANYAK KERINGAT TERLALU BANYAK?

Mari kita cari satu hal jalan keluar: Berkeringat adalah normal. Semua orang berkeringat pada jumlah tertentu. Ketika anda kepanasan, tubuh anda membutuhkan cara untuk mendinginkannya. Berapa banyak keringat anda adalah gabungan dari keturunan, lingkungan anda, kesehatan, emosi dan aktifitas. Dalam hal ini tidak ada ”jumlah yang benar” dari keringat – semua orang berbeda, dan setiap tubuh bervariasi dalam berapa banyak memproduksi keringat.

Jika anda berkeringat kronis, anda mungkin mengalami hiperhidrosis kondisi medis, yang memengaruhi 2 persen populasi AS.

Hiperhidrosis dibagi menjadi dua kategori – fokus primer dan sekunder umum. Hiperhidrosis fokus primer adalah berkeringat berlebihan di satu area spesifik tubuh, biasanya di tangan, kaki, ketiak, wajah atau kepala. Hiperhidrosis generalisata sekunder adalah keringat berlebih yang disebabkan oleh kondisi medis atau efek samping obat.
Akibat hiperhidrosis, keringat mengganggu aktivitas harian Anda. Anda tampak berkeringat bahkan ketika tidak memaksakan diri. Anda mungkin kesulitan memutar kenop pintu atau memegang pena karena tangan Anda sangat berkeringat. Infeksi kulit juga sering terjadi.

APA YANG HARUS DILAKUKAN TENTANG KERINGAT BERLEBIHAN

Sementara berkeringat adalah fenomena yang natural (dan penting!), Itu juga bisa menjadi tidak nyaman dan memalukan. Inilah yang dapat Anda lakukan untuk membantu meringankan ketidaknyamanan Anda:

  • PERHATIKAN POLA MAKAN
    Hindari makanan pedas dan kafein, dan pilih makanan yang mengurangi keringat. Makanan tertentu, minuman panas dan kafein mengaktifkan neurotransmitter di otak Anda, yang menstimulasi kelenjar keringat Anda. Itulah mengapa Anda segera merasa memerah ketika Anda mengambil gigitan besar kari ayam. Jika Anda memiliki makanan pedas atau kopi, makan perlahan, dan selalu memiliki air dan makanan kering lainnya seperti keripik atau nasi di tangan.
  • TEMUKAN CARA UNTUK MENGURANGI STRESS
    Kecemasan dan stres bisa menyebabkan berkeringat. Sadarilah bagaimana respons tubuh Anda, dan temukan cara untuk mengurangi kecemasan Anda, seperti bernapas dalam-dalam, berjalan-jalan atau teknik relaksasi lainnya.
  • PILIHLAH PAKAIAN YANG TEPAT

Tidak ada yang lebih tidak nyaman selain noda yang terlihat di baju Anda. Memilih pakaian yang tepat dapat membantu meringankan rasa malu dan membuat Anda merasa nyaman sepanjang hari.

Jika Anda terus bertanya pada diri sendiri, “mengapa saya berkeringat begitu banyak ?!” tambahkan lapisan perlindungan dengan Breeze. Kaus anti-keringat yang dipatenkan menancapkan panas dan kelembaban dan memungkinkannya menguap daripada merembes melalui pakaian Anda. Ketika Anda berhenti memikirkan keringat, Anda dapat kembali ke kehidupan sehari-hari Anda.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
showing social proof