Berkeringat adalah cara tubuh Anda untuk mendinginkan dan mengatur suhu tubuh Anda. Ini adalah respons alami saat cuaca panas atau aktivitas fisik yang berat – ? tetapi ada yang keringatnya berlebihan?
Benar. Ini disebut hiperhidrosis, atau keringat berlebih. Jika Anda berkeringat banyak meskipun hari-hari yang tampaknya biasa-biasa saja, Anda mungkin memiliki hiperhidrosis.
Jadi bagaimana Anda bisa tahu apakah Anda mengalami hiperhidrosis? Apa tanda dan gejalanya? Dan apa solusi untuk orang yang berkeringat berlebihan?

APA ITU HIPERHIDROSIS?

Keringat berlebihan atau hiperhidrosis adalah gangguan ketika tubuh Anda berkeringat lebih dari yang dibutuhkan – hingga lima kali lebih banyak daripada rata-rata Orang normal. Dengan hiperhidrosis, berkeringat spontan dan tidak dapat dikendalikan dan dapat semakin diperparah oleh panas, kecemasan, stres, dan syaraf.
Hiperhidrosis terbagi dalam dua kategori utama.

  1. Mereka dengan pengalaman hiperhidrosis primer yang keringat berlebihan di satu area (paling sering ketiak, dahi, tangan atau kaki).
  2. Mereka yang memiliki keringat hiperhidrosis sekunder secara berlebihan di area lain di tubuh mereka. Juga dikenal sebagai hiperhidrosis umum, hiperhidrosis sekunder disebabkan oleh kondisi medis yang mendasarinya termasuk:
    • Kanker
    • Alkoholisme
    • Penyakit jantung dan paru-paru
    • Kegemukan
    • Menopause dan kehamilan
    • Obat-obatan seperti antidepresan , obat anti – inflamasi non-steroid, perawatan tekanan darah, perawatan kanker atau obat diabetes.

Masalah berkeringat berlebihan lainnya termasuk:

  • Berkeringat di malam hari: panas tiba-tiba muncul di malam hari, tidak terkait dengan lingkungan yang hangat.
  • Berkeringat situasional: Juga dikenal sebagai stres atau gugup, keringat situasional disebabkan oleh perasaan khawatir atau cemas.

BAGAIMANA MENGENALI TANDA HIPERHIDROSIS

Orang dengan hiperhidrosis secara signifikan berkeringat lebih banyak dari rata-rata. Tetapi itu bukan hanya tentang noda. Efek samping dari berkeringat berat melampaui gejala fisik. Keringat yang berlebihan bisa membuat frustasi dan memalukan, memengaruhi suasana hati, kepercayaan diri, keterampilan sosial, dan hubungan Anda.
Berikut adalah tiga indikator kunci untuk membantu Anda mengidentifikasi apakah Anda atau seseorang yang Anda kenal sedang berurusan dengan keringat berlebih yang berlebihan :

  1. Selalu Berusaha Mengatasi Keringat
    Mengubah pakaian sepanjang hari, membuang pakaian yang dirusak oleh noda keringat adalah tanda-tanda banyak berkeringat.
  2. Situasi Sekitar Membuat Anda Cemas
    Terus khawatir orang lain akan memperhatikan tanda keringat Anda? Jika gugup keringat mengganggu kehidupan sosial dan hubungan interpersonal Anda, mungkin itu pertanda Anda keringat berlebih.
  3. Keringat Mengganggu Kehidupan Sehari-hari
    Keringat yang berlebihan membuat kegiatan sederhana, seperti menulis, mengemudi atau bahkan mengangkat tangan Anda sulit.
  4. Anda Perhatikan Perubahan dalam Berapa Banyak Anda Berkeringat
    Perubahan tiba-tiba dalam produksi keringat Anda atau keringat asimetris (ketika Anda hanya berkeringat di satu sisi tubuh Anda) bisa menjadi pertanda hiperhidrosis sekunder.

Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, Tanyalan pada dokter Anda.

APA YANG HARUS DILAKUKAN KETIKA ANDA BEKERINGAT BERLEBIHAN

Jika Anda benar-benar berkeringat berlebihan, jangan khawatir – Anda tidak sendirian. Hampir lima persen populasi menderita hiperhidrosis, dan banyak lagi yang tidak terdiagnosis.

Meskipun tidak ada obat untuk hiperhidrosis, berkeringat tidak boleh mengganggu hidup Anda. Itulah mengapa penting untuk menemukan solusi efektif yang membantu Anda mengatasi keringat Anda.

Meskipun tidak ada obat untuk hiperhidrosis, berkeringat tidak boleh mengganggu hidup Anda. Itulah mengapa penting untuk menemukan solusi efektif yang membantu Anda mengatasi keringat Anda.

Jangan ragu untuk bertanya kepada dokter Anda tentang klinis atau resep antiperspiran, obat-obatan oral, atau perawatan medis untuk hiperhidrosis, seperti iontoforesis.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
showing social proof