Celana dalam memang menjadi salah satu pakaian yang tak terpisahkan dari seseorang. Baik pria maupun wanita pasti menginginkan celana dalam dengan bahan yang nyaman dan aman.

Tahukah Anda?

Ternyata ada beberapa bahan celana dalam yang sebaiknya dihindari karena memiliki efek yang buruk untuk tubuh.

Bahan Celana Dalam Berbahaya yang Sebaiknya Dihindari

Jika Anda berpikir bahan pakaian yang buruk hanya akan berdampak pada kesehatan kulit, Anda salah besar. Faktanya ada di beberapa kasus bisa sampai menyebabkan pusing dan mual karena proses kimia berbahaya saat memproduksi kain tersebut.

Memang kasus tersebut tidak banyak terjadi, namun tidak ada salahnya Anda mengurangi penggunaan bahan yang berpotensi menyebabkan hal-hal di atas.

Berikut beberapa bahan celana dalam berbahaya yang sebaiknya Anda hindari:

  • Polyester

Salah satu kandungan yang ada pada bahan polyester adalah polymer atau istilah awamnya berarti plastik. Tak heran apabila penggunaan bahan ini dalam jangka waktu lama bisa membuat kulit sukar bernafas, terlebih ketika cuaca dalam keadaan panas.

Jika terkena suhu tubuh, zat kimia yang ada dalam polyester juga memiliki kemungkinan meresap ke kulit. Kondisi ini berpotensi menyebabkan kemerahan, ruam, gatal, dan masalah kulit lainnya.

  • Nylon

Nylon merupakan polimer sintetik yang banyak diproduksi dan dipasarkan secara luas di Indonesia. Hal ini sangat wajar mengingat biaya produksi dari nylon tergolong murah dan banyak peminatnya.

Sayangnya nylon bukanlah jenis kain yang baik untuk dijadikan bahan celana dalam. Nylon memiliki karakteristik sukar menyerap keringat sehingga rentan menjadi tempat tumbuh bakteri dan kuman.

Selama proses produksi, bahan ini tidak lepas dari paparan bahan kimia yang bermacam-macam. Tak heran jika di beberapa kasus penggunaan nylon bisa menimbulkan reaksi iritasi kulit dan juga bau tidak sedap yang mengganggu.

  • Spandex

Jika Anda salah satu penggemar pakaian dalam yang ketat, Anda pasti sudah akrab dengan yang namanya spandex atau lycra. Sayangnya bahan ini tidak terlalu ramah bagi tubuh jika digunakan dalam jangka waktu yang lama.

Spandex terbuat dari beberapa bahan kimia seperti polyurethane dan beberapa bahan kimia lainnya. Penggunaan spandex sebagai celana dalam bisa berpotensi menyebabkan iritasi kulit. Pada kasus yang lebih parah, penggunaan bahan ini bisa berpotensi menimbulkan gejala dermatitis.

Bahan Celana Dalam Nyaman dan Aman

Penggunaan celana dalam yang baik adalah dengan memilih bahan yang nyaman dan aman bagi kesehatan. Ada beberapa bahan yang direkomendasikan sebagai bahan untuk membuat celana dalam, berikut diantaranya:

  • Katun

Jika Anda bertanya celana dalam berbahan katun seperti apa yang cocok untuk pria, jawabannya adalah yang mampu menjaga kelembaban dengan baik. Hampir semua jenis celana dalam berbahan katun memiliki kriteria ini, khususnya kasus kualitas tinggi.

Katun berbahan dasar serat alami kapas sehingga memiliki tekstur lembut dan kuat. Kain katun juga tergolong bahan aman dan tidak menyebabkan alergi. Perawatannya juga relatif mudah tanpa dibutuhkan perlakuan khusus.

  • Modal

Modal berasal dari serat alami pohon beech dan pertama kali dikembangkan di Jepang tahun 1951. Bahan ini banyak digunakan karena elastis, lembut, dan menyerap keringat dengan baik. Keunggulan lainnya adalah sifatnya yang biodegradable dan ramah lingkungan.

  • Bamboo

Bamboo atau katun bambu merupakan bahan yang terbuat dari kolaborasi serat kapas dan serat bambu.

Serat bambu memiliki keunggulan sebagai bahan yang anti bakteri dan memiliki kemampuan menyerap keringat dengan baik. Jenis bahan ini juga sangat direkomendasikan untuk Anda yang memiliki kulit sensitif sekalipun.

Karakteristik dari bamboo adalah tekstur kain yang elastis, ringan, lembut, dan juga sejuk. Bahan ini sangat nyaman dikenakan, bahkan ketika cuaca terik sekalipun.

Rekomendasi Celana Dalam Berkualitas Tinggi

Jika Anda sedang mencari merk celana dalam berbahan katun, modal, atau bamboo, Anda bisa mencoba brand Separatec.

Kunjungi laman Separatec.id untuk menemukan gambar celana dalam berbahan katun, modal, atau bambu yang sangat variatif. Di satu tempat ini Anda bisa memilih berbagai jenis celana dalam, lengkap dengan warna serta ukurannya.

Setelah mengetahui bahaya dari bahan celana dalam yang sebaiknya dihindari, tentunya Anda sekarang bisa lebih selektif. Lebih amannya, Anda bisa membeli celana dalam di Separatec dan rasakan manfaatnya.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
showing social proof