Banyak pria tidak terlalu memperhatikan penggunakan celana dalam, padahal ini juga bisa mengganggu aktivitas bahkan menyebabkan penyakit. Itulah sebabnya, kini banyak muncul celana dalam kesehatan pria yang bukan sekadar nyaman dan menjaga kesehatan bagian genital.

Jangan abaikan saja penggunaan celana dalam yang dipakai setiap harinya, bahkan sering kali lupa menggantinya. Padahal celana dalam yang kotor dapat menjadi sarang penyakit, karena membuat area genital menjadi lembab dan jadi tempat tumbuhnya jamur dan bakteri.

8 Saran Cara Merawat Celana Dalam Kesehatan Pria

Anda tidak mungkin ganti baru celana dalam setiap harinya bukan, maka sebaiknya mulai melakukan perawatan pada pakaian dalam sendiri.

Berikut ini ada cara merawat celana dalam pria yang sesuai dengan standar kesehatan.

  1. Segera Cuci Setelah Digunakan

Berapa kali dalam sehari Anda mengganti celana dalam?

Idealnya dua kali dalam sehari, pagi dan sore hari saat mandi. Celana dalam kotor sebaiknya langsung dicuci, hal ini untuk menghilangkan kotoran dan debu secara langsung.

Selain itu penggunaan celana dalam yang terlalu lama dapat menimbulkan lembab, jika tidak segera dicuci bisa jadi sarang bakteri dan jamur. Saat digunakan kembali, bisa jadi celana dalam tidak lagi nyaman dan tidak seperti biasanya.

  • Jangan Rendam Celana Dalam Terlalu Lama

Biasanya sebelum mencuci baju, pasti akan melakukan perendaman agar lebih mudah menghilangkan kotoran yang menempel. Namun, tidak dengan mencuci celana dalam, sebaiknya hindari perendaman. Cara ini sudah tidak lagi efektif, sebaiknya langsung cuci bersih saja.

Apalagi jika bahan celana dalam kesehatan seperti katun, rayon dan modal. Ini jenis bahan yang mudah dicuci, sekalipun terdapat noda, lakukan perendaman sebentar saja dan hanya mencuci celana dalam saja.

  • Jangan Gunakan Pemutih Untuk Hilangkan Noda

Cara mengembalikan baju putih yang terkena noda dengan cepat, cukup tambahan pemutih maka warna akan kembali putih. Namun jangan gunakan pemutih untuk mencuci celana dalam, karena akan merusak serat hingga membuat permukaan menjadi kasar.

Bahan pemutih yang keras dan biasanya akan mengeluarkan bau menyengat, tidak cocok untuk bahan celana dalam yang lembut dan nyaman. Jika memang terdapat noda, bisa menggunakan deterjen khusus atau cuci dengan air hangat.

  • Jangan Peras Celana Dalam

Setelah mencuci, pasti dibilas dan diperas sebelum di jemur agar lebih cepat kering. Ternyata cara merawat celana kesehatan yang benar, tidak boleh di peras. Hal ni akan membuat tekstur dan permukaan celana dalam menjadi kering, kasar dan rusak.

Bagaimana cara menjemur celana dalam yang benar? Cukup dikibaskan saja beberapa kali, agar air dapat keluar. Tergolong aman menggunakan pengering cucian dan pakai kecepatan rendah saja.

  • Pisahkan Cucian Pakaian Dalam

Masih kebiasaan mencuci celana dalam bersama pakaian lainnya, sebaiknya hentikan kebiasaan buruk yang sudah mendarah daging ini. Cara cuci celana dalam yang benar, pisahkan dengan pakaian lainnya, jadikan satu dengan dalaman lainnya saja.

Hal ini untuk menghindari kotoran, debu dan kuman yang ada di pakaian lainnya. Biasanya pakaian dalam memang tidak terlalu kotor, apalagi jika diganti secara rutin. Cukup gunakan ember kecil saja, tidak ada salahnya mencuci langsung celana dalam saat mandi.

  • Gunakan Deterjen Khusus

Masih menggunakan deterjen  biasanya untuk mencuci celana dalam, hati-hati bisa jadi nantinya manfaat celana dalam kesehatan akan hilang karena salah dalam mencuci. Sebaiknya gunakan sabun atau deterjen khusus, apalagi untuk celana dalam yang bersentuhan langsung dengan bagian genital.

Bisa juga menggunakan deterjen khusus bayi, ini lebih mudah ditemukan bukan, harganya juga relatif terjangkau. Gunakan deterjen khusus bayi hanya untuk mencuci pakaian dalam saja. Biasanya deterjen khusus akan dilengkapi dengan zat yang dapat membunuh kuman dan bakteri.

  • Simpan di Tempat Kering

Manfaat pakai celana dalam sehat adalah menjaga kesehatan bagian genital, tapi apakah ini tetap terjaga jika mengabaikan tempat penyimpanan yang bagus. Tidak perlu lemari besar yang mahal, simpan ditempat yang kering dan terdapat udara yang cukup.

Hal ini akan membuat bahan pakaian tetap terjaga, tidak jadi sarang tumbuhnya bakteri dan jamur. Pernahkan merasa gatal setelah menggunakan celana dalam? Padahal baru dan belum pernah dipakai sebelumnya, bisa jadi tempat penyimpanan suhu lebih rendah sehingga lembab.

  • Gunakan Air Hangat Untuk Mencuci Celana Dalam

Cara paling mudah untuk mencuci boxer brief kesehatan, gunakan air hangat atau suhu suam suam kuku saat mencucinya. Air hangat terbukti bisa membunuh mikroorganisme yang ada pada pakaian, ini tidak bisa dilihat dengan mata.

Itulah kenapa harus memisahkan celana dalam dengan pakaian lainnya saat mencuci. Dimana bahan celana dalam tidak mudah melar dan tidak lagi nyaman digunakan. Tapi tidak dengan celana dalam separatec. Kualitas celana dalam bagus, memiliki banyak jenis dan ukuran serta cocok untuk semua pria.

Bagi Anda yang ingin mencari celana dalam kesehatan bisa cek sendiri di Separatec.com, terdapat banyak model, jenis dan ukuran yang sesuai berat badan hingga bentuk tubuh. Selain itu coraknya beragam dan bahannya super nyaman, cocok jadi celana dalam pria masa kini sepanjang hari.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
showing social proof