Ada berbagai jenis penyakit karena salah memilih celana dalam yang belum banyak diketahui orang.

Selain karena salah memilih celana dalam, faktor penyebab lainnya juga dikarenakan kebiasaan yang keliru dalam mempergunakan dan merawat celana dalam. Penggunaan dan perawatan yang keliru bisa sangat membahayakan, berikut ulasan lengkapnya.

Kebiasaan yang Keliru dalam Mempergunakan Celana Dalam

Kebiasaan yang keliru dalam mempergunakan dan merawat celana dalam seringkali menjadi pemicu berbagai penyakit yang bisa menyerang organ genital.

Setidaknya ada 5 hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat celana dalam, berikut ulasannya:

  • Celana dalam tidak sering dicuci

Kriteria pertama celana dalam pria yang baik adalah celana dalam yang bersih dan higienis. Hindari memakai celana dalam yang sama selama berhari-hari tanpa mencucinya. Kebiasaan buruk ini akan menimbun banyak kuman dan bakteri penyebab penyakit.

  • Celana dalam digunakan secara bolak-balik

Sebagian pria yang terlalu malas mencuci celana dalam seringkali mengakali dengan penggunaan bolak-balik. Walaupun dilihat secara sekilas bagian luar masih bersih, tapi celana dalam ini sebaiknya dicuci sebelum digunakan lagi.

  • Celana dalam dicuci layaknya pakaian biasa

Perawatan celana dalam ternyata sedikit berbeda dengan perawatan pakaian biasa. Jika Anda hendak mencuci celana dalam, sebaiknya gunakan air dengan suhu antara 66-71 derajat celcius agar seluruh kuman mati.

  • Celana dalam yang digunakan memiliki warna gelap

Warna celana dalam yang baik untuk kesehatan adalah warna yang terang, mengapa demikian? Karena pada warna yang terang noda akan lebih mudah terlihat sehingga lebih mudah dalam perawatannya.

  • Celana dalam sangat ketat dan berbahan spandeks

Sudah menjadi rahasia umum apabila penggunaan celana dalam yang ketat bisa menyebabkan berbagai macam penyakit pada organ genital. Selain itu hindari juga penggunaan bahan spandek karena sukar menyerap keringat. Kondisi ini berpotensi menjadikan celana dalam sebagai tempat pertumbuhan kuman dan bakteri.

Dampak dari Salah Memilih Celana Dalam

Seringkali seorang pria lebih mengedepankan gaya daripada unsur kenyamanan, termasuk dalam urusan celana dalam. Padahal pemilihan celana dalam boxer atau segitiga yang pas, tidak ketat, dan tidak panas menjadi suatu keharusan untuk menjaga kesehatan Anda.

Selain hal tersebut, cara merawat celana dalam juga harus menjadi perhatian Anda. Berikut beberapa dampak negatif yang akan timbul jika Anda menggunakan celana dalam yang tidak tepat dan salah perawatannya:

  • Meningkatkan resiko penyakit paresthesia

Jika Anda merasakan kepanasan dan kesemutan pada saat memakai celana dalam yang ketat, kemungkinan hal tersebut adalah gejala paresthesia. Pada beberapa kasus bisa menyebabkan mati rasa yang diakibatkan oleh aliran darah dalam tubuh yang tidak lancar.

  • Mengganggu produktivitas sperma

Bahan celana dalam yang salah dan ukuran yang terlalu ketat bisa menyebabkan produktivitas sperma menurun. Hal ini diakibatkan aliran udara yang tidak lancar sehingga menyebabkan suhu udara pada area genital lebih panas.

  • Menyebabkan iritasi dan timbulnya jamur

Perawatan celana dalam yang dan bahan yang tidak menyerap keringat bisa menjadi sarang jamur. Pilihlah merk celana dalam berbahan katun atau bahan lain yang dingin dan tidak menyebabkan iritasi jika dipakai seharian.

Jika Anda mulai merasakan gatal atau ada bercak di kulit, sebaiknya Anda segera mengganti celana dalam Anda.

  • Pemicu infeksi pada saluran kemih

Selain menurunkan produktivitas sperma, aliran udara yang buruk dalam celana dalam juga memicu pertumbuhan bakteri. Beberapa jenis bakteri bisa menyebabkan infeksi saluran kemih sehingga kinerjanya tidak optimal.

  • Memperburuk kondisi kulit

Gesekan yang ditimbulkan oleh bahan celana dalam yang buruk atau ukurannya yang terlalu ketat bisa membuat kulit luka. Selain itu juga bisa menyebabkan adanya bekas hitam di kedua sela paha Anda.

Rekomendasi Celana Dalam yang Baik Untuk Kesehatan

Salah satu merk celana dalam pria yang baik adalah Separatec. Separatec memiliki banyak koleksi celana dalam yang nyaman, aman, dan sehat. Cara membelinya juga sangat mudah, Anda bisa langsung kunjungi laman website Separatec.id dan temukan celana dalam pilihan Anda.

Dengan membeli celana dalam yang tepat seperti celana dalam separatec, Anda akan dijauhkan dari berbagai penyakit karena salah memilih celana dalam. Jangan lupa juga untuk tetap menjaga kebersihan celana dalam untuk memastikan organ penting Anda tetap aman dan terlindungi.

Share on facebook
Facebook
Share on google
Google+
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
showing social proof